Senin, 26 Januari 2009

KTM baru, masalah baru?

Hmm... mungkin ada yang bertanya, apa gara2 KTM (kartu Tanda Mahasiswa) baru kita2 jadi dapat masalah? Apa KTM baru kurang oke? ribet? sebenarnya tidak. tapi proses pembuatannya yang ribet.

Berbeda! itulah yang kami rasakan, mahasiswa eksakta UNLAM sewaktu bayar spp kemaren. tepatnya tanggal 21-28 Januari ini (yang belum bayar, masih ada waktu neh!). apa aja bedanya?
pertama.... tempat. dulu, semester sebelum-sebelumnya kita semua mahasiswa UNLAM bayar spp nya di rektorat yang bertempat di Banjarmasin. kali ini tidak, mahasiswa yang ada di Banjarmasin (sosial, jadi arsitek ikut di Banjarbaru) bayarnya di Banjarmasin, dan mahasiswa di Banjarbaru bayarnya di Banjarbaru juga, di gedung pasca sarjana pertanian. jadi tidak perlu repot2 lagi ke Banjarmasin. good idea!

Kedua... bentuk KTM. dulu cuma kertas berlaminating, tak ubahnya KTP zaman bahuela. sekarang... nice.. plastik! kaya SIM! he3x. dengan bentuk KTM yang sekarang ini, UNLAM sudah "naik zaman" (he3x... kaya maen empire aja pake naik zaman). plus ada barcodenya di bagian bawah, jadi bisa dicek databasenya, ketahuan mahasiswa asli apa gadungan. Salut..!!




Hmm... kelihatanya baik2 aja??? NOW!! this is the "ribet nya" man! pemindahan lokasi pembayaran SPP sepertinya membuat panitia seperti tidak siap, banyaknya mahasiswa yang ingin bayar spp membuat panitia seperti kelabakan sendiri. karena sekarang tidak bisa lagi bayar dengan sistem kolektif. satu orang dengan "titipan duit spp" dari banyak orang. sebab KTM yang baru menuntut foto ditempat persis kaya SIM jadi tidak bisa pake perwakilan. kan aneh namanya A eh fotonya B.

walhasil karena banyak yang pengen rebutan, jadinya betul2 bejubel tidak karu2an. panitia awalnya berinisiatif dengan sistem nomor urut kaya di BANK, tapi entah kenapa di lapangan nomor urut tidak berlaku lagi. jadinya.... kata orang banjar "camuh banar".




selesai berjejal bayar, kita masih antri foto. untungnya yang ini tidak ribet dan kelihatanya terkendali. Next... pengambilan KTM. dulu, selesai kita isi biodata, serahkan foto, foto ditempel, laminating dan selesai. tidak sampai 3 menit. tapi sekarang... weh musti nunggu dipanggil. persis kaya mau nabung di BANK.


sempat saya itung2 waktu bayar spp di Banjarmasin dulu dengan yang sekarang ternyata sama aja. padahal dulu kita musti ke Banjarmasin dulu, belum lagi trafik di jalan. fuiihh... beberapa mahasiswa ada yang bilang enakan di Banjarmasin dulu, antrinya sebentar, KTM selesai cepat... abis tu jalan-jalan ke Pasar hanyar (Waktu itu belum ada Duta Mall). fuihh...

Ah! mungkin ini PR aja buat panitia di Banjarbaru, bagaimana caranya semuanya tertata rapi dan cepat. kalo boleh beri nilai:

Tempat : A
KTM :A
Waktu : D
Antrian : D

kalo di bikin IPK jadinya.... C+... lumayan lah.. tapi alangkah baiknya ditingkatkan (Kaya dosen PA aja.. Hex)
yup! itu aja! semoga nanti2 tidak ada lagi masalah dalam pembuatan KTM.

3 komentar:

Taufik 'ofecc' Hidaiat mengatakan...

woi pri!
pa kabar?

rampadan mengatakan...

wah wah wah, mahasiswa unlam ya?
salam kenal..
wah seneng banget hatiku, ada orang terpelajar mampir di blogku nich..
anak pelaihari ya?
pelaihari sebelah mana?
salam kenal ya..
namaku gondo rampadan, kerjaan sopir truk, kalau ketemu truk ku, sapa aja..
tulisananya exsotic..
biasanya wara wiri di pelaihari..
senang ada temen pelaihari yang suka ngeblog..

Hadi mengatakan...

Iyah.. Buat yag tua2 kayanya sebentar lagi KTM nya bakal exp tuh.. Makanya cepatan lu2s.. hehe...